Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Rumput Belimbingan Bagi Kesehatan

Manfaat Rumput Belimbingan Bagi Kesehatan

Manfaat Rumput Belimbingan Bagi Kesehatan - Rumput belimbingan (Oxalis barrelieri) adalah tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia. Tumbuhan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

Menurunkan gula darah. Rumput belimbingan mengandung senyawa yang bersifat anti-hiperglikemik, yaitu senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak etanolik dari rumput belimbingan dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus yang diinduksi diabetes.

Menyembuhkan luka

Rumput belimbingan juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak etanolik dari rumput belimbingan dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada tikus yang diinduksi streptozotocin.

Mengatasi diare

Rumput belimbingan juga berkhasiat untuk mengatasi diare. Hal ini karena rumput belimbingan mengandung senyawa yang bersifat anti-diare, yaitu senyawa tanin.

Meningkatkan daya tahan tubuh 

Rumput belimbingan juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang dapat melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung.

Melancarkan pencernaan

Rumput belimbingan juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini karena rumput belimbingan mengandung senyawa yang bersifat laksatif, yaitu senyawa yang dapat melunakkan tinja dan mempermudah proses buang air besar.

Selain manfaat-manfaat di atas, rumput belimbingan juga berkhasiat untuk mengatasi batuk, pilek, dan radang tenggorokan.

Manfaat Rumput Belimbingan Bagi Kesehatan


Cara menggunakan rumput belimbingan untuk kesehatan adalah dengan merebusnya dan meminum airnya. Daun dan akar rumput belimbingan dapat digunakan untuk merebus.

Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 30-60 gram rumput belimbingan yang direbus dengan 500 ml air. Air rebusan diminum 2-3 kali sehari.

Hati-hati menggunakan rumput belimbingan jika Anda sedang hamil atau menyusui. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan rumput belimbingan untuk kesehatan.

2 komentar untuk "Manfaat Rumput Belimbingan Bagi Kesehatan"